Senin, 18 Januari 2010

80-AN,ZAMAN KEEMASAN MUSIK ROCK

dekade 1980-an adalah fase luar biasa bagi dunia hiburan.musik,film, dan fesyen melahirkan karya-karya yang monumental dan berpengaruh hingga sekarang.diranah musik,ini adalah tahapan ketika sejumlah band memunculkan karya-karya yang bagus sekaligus sukses dipasaran.

pada 1983,the police yang dimotori sting meluncurkan album syncronicity.ini adalah album terbaik dari the police dan meraih sukses secara komersial dengan hit-hit seperti 'every breath you take',wrapped around your finger,dan king of pain.

pada tahun yg sama,genesismencapai sukses secara internasional setelah meluncurkan album genesis dengan hit-hit mama dan home by the sea.lalu Queen meluncurkan album the works dengan hit-hit'radio gaga,i want to break free,dan its a hard life.album ini mencapai sukses secara komersial dengan meraih penjualan jutaan keping di seluruh dunia.

band progresif rock yes merilis album 90125 pada 1984.album ini mencapai sukses secara komersial dengan hit'owner of a lonely heart' dan lagu ini bisa diterima oleh semua kalangan penikmat musik.

pada tahun 1984 pula deep purple mengadakan reuni ,dengan formasi richie blackmore,ian gillan,roger glover,john lord,dan ian paice.hasilnya adalah album perfect strangers yang meraih sukses dengan hit knockin at your back door,dan perfec strangers.

selain itu,van halen juga merilis album 1984 dengan hit-hit jump,dan panama .di album ini mereka turut memasukkan unsur keyboard.hasilnya,album ini meraih penjualan terbanyak dibanding album-album van halen sebelumnya.

setahun kemudian ,band speed metal iron maiden melakukan tur dunia bertajuk'world slavery tour'.aksi panggung mereka di long beach arena,california,kemudian drilis dengan title live after death dan merupakan tur terbesar dalam sejarah musik.

bon jovi merilis album ketiga,slippery when wet dan meraih sukses secara komersial dibanding dua album sebelumnya,dengan hit-hit you give love a bad name,livin on a prayer,dan never say goodbye.

kesuksesan juga diraih band white snake,yang mengeluarkan album whitessnake atau di eropa dan jepang dikenal dengan album 1987.album yang memiliki hit-hit here i go again,still of the night dan is this love,meraih sukses besar secara komersial dibanding album sebelumnya.

puncak kesuksesan band rock pada tahun1987 dicapai oleh guns n roses.band ini mengguncang jagat rock melalui album appetite for destruction yang sebagian besar lagu-lagunya menjadi hit termasuk welcome to the jungle,dan sweet child o mine.album ini terjual lebih dari 28juta keping di seluruh dunia pada saat itu.

setahun kemudian, band poison merilis album open up and say?ahh!? dengan hit every rose has it torn yang meraih sukses luar biasa.album ini juga mengundang kontroversi karena menampilkan sampul album bergambar wajah seorang gadis jahat dengan lidah panjang terulur.

pada tahun yang sama ,pionir trash metal ,metallica merilis album and justice for all.album ini mencapai sukses dengan penjualan jutaan keping.single'one' menjadi hit,video musik untuk single ini merupakan video pertama metallica.

skidrow pada 1989 merilis album pertama yang berjudul skid row.album ini memuat hit-hit seperti 18 n life,youth gone wild,dan i remember you.hasilnya album ini meraih sukses yang luar biasa

pengusung sub genre glam rock lainnya adalah motley crue,pada tahun 1989,band ini meraih puncak popularitas dengan merilis album kelima dr.feelgood yang diproduseri oleh bob rock.hit-hitnya antara lain dr.feelgood dan without you.di album ini juga terdapat lagu yang terinspirasi karena kematian nikki sixx selama lima menit akibat overdosis.dalam perjalanan ke rumah sakit nikki sixx sudah dinyatakan meninggal tetapi setelah disuntik adrenalin oleh doker di jantungnya,dia hidup kembali dan terciptalah lagu'kickstart my heart'.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEMAN-TEMAN SILAKAN COMMENT DI SINI

random flashing music words Pictures, Images and Photos
free counters