Senin, 22 Maret 2010

LAGU LEGENDARIS "HAPPY BIRTHDAY " BERMASALAH DALAM HAK CIPTA

lagu "Happy Birthday To You",yang juga dikenal lebih sederhana dengan "Happy Birthday", adalah lagu yang dinyanyikan secara tradisional untuk merayakan ulang tahun kelahiran seseorang. Menurut 1998 Guinness Book of World Records, "Happy Birthday To You" adalah lagu yang paling dikenal dalam bahasa Inggris, lirik lagu dasar ini telah diterjemahkan ke dalam sedikitnya 18 bahasa.

Melodi "Happy Birthday To You" berasal dari lagu "Good Morning to All", yang ditulis dan disusun oleh saudara Amerika Patty Hill dan Mildred J. Hill pada 1893. Mereka berdua adalah guru sekolah taman kanak-kanak di Louisville, Kentucky,lagu ini diciptakan sebagai lagu yang mudah untuk dinyanyikan oleh anak-anak.

lirik dalam "Happy Birthday to You" pertama kali muncul di media cetak pada tahun 1912,Tidak satu pun dari awal mula lagu ini membahas tentang hak cipta. Perusahaan Summy memiliki hak cipta pada tahun 1935, kemudian penulis Preston Ware Orem dan Mrs RR Foreman.dan Pada tahun 1990, Warner Chappell membeli perusahaan yang memiliki hak cipta lagu ini sebesar US $ 15 juta, dengan nilai itu lagu "Happy Birthday" diperkirakan bernilai US $ 5 juta.

pada tahun 1935, Warner mengklaim bahwa hak cipta itu tidak akan berakhir hingga tahun 2030 ,Uni Eropa (UE) negara-negara hak cipta dalam lagu akan berakhir 31 Desember 2016. [7]

status kepemilikan lagu "Happy Birthday to You" mulai menarik banyak perhatian pada tahun 1998.
hingga kinipun lagu tersebut masih diperebutkan,

capek banget yah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEMAN-TEMAN SILAKAN COMMENT DI SINI

random flashing music words Pictures, Images and Photos
free counters